Menebak Sosok Cawapres Anies Baswedan, Bukan AHY tapi Sosok Dari Jatim? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menebak Sosok Cawapres Anies Baswedan, Bukan AHY tapi Sosok Dari Jatim?

Kamis, 01 Juni 2023 | Juni 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-01T01:46:30Z

WANHEARTNEWS.COM - Calon Presiden atau capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan diungkapkan akan mengumumkan sosok calon wakil presiden (cawapres).

Ketua DPP Effendi Choirie alias Gus Choi mengungkapkan jika Anies masih lemah di Jawa Timur dan Jawa Barat. Adapun calon cawapres di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau yang juga dikenal dengan nama Cak Imin.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan putri Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid. Nama-nama itu yang mungkin akan menjadi cawapres Anies.

Mahfud MD sendiri lahir Sampang, Madura yang sempat ditawari oleh petinggi PKS untuk menjadi cawapres Anies.

Muhadjir Effendy yang lahir di Madiun baru-baru ini didukung sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Ia mengaku belum terpikir untuk menjadi wakil presiden sekaligus ada Airlangga Hartarto yang lahir di Surabaya dan kerap ditawari mendampingi Prabowo Subianto.

Ada sosok Cak Imin yang lahir dan besar dalam lingkup pesantren di Jombang. Ia merupakan cucu dari pendiri Nahdatul Ulama, KH Bisri Syansuri. Ia disebut rela tak mendaftar caleg di Pemilu 2024 karena bakal maju sebagai cawapres.

Gubernur Jatim, Khofifah adalah sosok yang lahir di Surabaya.

Ada AHY yang meski lahir di Bandung, ia lama menetap di Pacitan Jawa Timur. Sebab, ayahnya yang merupakan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), asli dari sana. Namanya ini diusulkan sebagai salah satu kandidat cawapres Anies.

Ada putri Gus Dur, Yenny Wahid yang juga lahir di Jombang. Ia saat ini diusung oleh PSI sebagai bakal cawapres. Di sisi lain, peneliti politik BRIN, Wasisto Raharjo Jati menilai jika Jatim adalah wilayah dengan populasi pemilih yang besar. Tak heran jika para capres mempertaruhkan daerah tersebut.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan/Net
×
Berita Terbaru Update
close